Trading NFT Solusi Jual Karya Seni Tanpa Khawatir Pembajakan

Di tengah maraknya trading cryptocurrency seperti doge, ethereum, bitcoin, dsb, trading NFT hadir sebagai platform baru yang juga mulai mendapatkan tempat di hati kalangan tertentu. Padahal berdasarkan singkatannya yaitu Non Fungible Token, dalam platform ini aset yang ada tidak bisa ditukarkan dengan uang asli sebagaimana platform trading yg lain.

  1. Mengenal Trading NFT

Tentu bagi anda yang masih awam pasti bingung dengan NFT ini. Kalau tidak bisa dipertukarkan dengan uang langsung sebagaimana trading cryptocurrency pada umumnya lalu mengapa bisa populer?Inilah yang menjadi pembeda antara kedua platform tersebut.

Pada trading cryptocurrency, yang menjadi komoditas perdagangan adalah koin virtual yang bisa langsung anda tukar dengan uang . Sementara pada NFT juga memiliki koin virtualnya sendiri tapi koin tersebut berfungsi  untuk membeli aset digital seperti karya seni sebagai salah 1 contoh NFT-nya.

Jadi disini sang pembuat harus mengunggah karyanya ke dalam format NFT atau crypto art terlebih dahulu supaya bisa terakses oleh sesama pengguna lainnya. Baru selanjutnya, setelah memasukkan deskripsi dan harga pada karya tersebut, sang pembuat akan menunggu sampai ada klien yang tertarik membeli. Jadi mudahnya sistem NFT ini bisa anda analogikan  sebagai “galeri seni online”.

Alasan mengapa platform ini semakin populer karena bagi sang pembuat karya, hak patennya lebih terjamin karena sistem yang melindunginya. Hal ini di sisi lain juga berdampak positif bagi para kolektor seni karena semua karya yang ada  terjamin orisinalitasnya.

Tapi jangan salah dalam platform  ini bukan hanya aset digital berupa karya seni saja yang menjadi primadona. Masih banyak aset-aset digital lainnya yang bisa anda temui di sini seperti :

  1. Gambar bergerak ( GIF )
  2. Highlight /potongan video dari peristiwa tertentu
  3. Avatar virtual atau persona dalam video game
  4. File-file Musik
  5. Syarat-Syarat Melakukan Trading NFT 
Baca Selengkapnya  Cara Membuat NFT untuk Meraup Passive Income dan Semua Hal Tentangnya

Dari penjelasan pada poin sebelumnya, setidaknya sekarang anda sudah tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari trading NFT tersebut. Namun sebelum bisa melakukan jual beli di sini baik itu anda sebagai kolektor ataupun pembuat karya, harus memenuhi syarat-syarat berikut ini :

  1. Memiliki Akun NFT

Sebagaimana dalam trading cryptocurrency di Indonesia, anda harus memiliki akun dari aplikasi marketplace terkait seperti Indodax. Hal yang sama juga berlaku dalam hal daftar NFT. Untuk bisa melakukan trading, anda harus memiliki aplikasi marketplace yang memiliki akses terhadap platform tersebut.

  1. Memiliki Aset Cryptocurrency

Sebagaimana yang sudah sedikit paragraf sebelumnya singgung bahwa koin virtual dalam NFT tidak bisa langsung anda tukar dengan uang asli. Koin-koin NFT yang juga ada berbagai jenis ini hanya bisa anda gunakan untuk membeli sebuah karya.

Dengan demikian  content creator yang menjual karyanya lewat trading NFT harus tetap memiliki cryptocurrency. Jadi nantinya setelah karya anda jual dan menerima koin NFT, anda harus konversikan dulu dalam cryptocurrency umum supaya bisa diuangkan. Sementara bagi kolektor bisa langsung membeli koin NFT dengan uang asli.

Jenis cryptocurrency yang berlaku dalam pertukaran NFT ini sebenarnya ada berbagai jenis. Namun biasanya yang paling umum berlaku di sebagian besar marketplace NFT adalah ethereum.

  1. Rekomendasi Aplikasi Marketplace untuk Trading NFT

Memang dengan menjual karya seni lewat NFT akan lebih menjamin keamanannya. Namun kembali lagi keamanan tersebut bergantung pada kualitas dari marketplace yang anda pilih untuk beli koin NFT. Maka dari itu inilah beberapa contoh rekomendasi marketplace yang terjamin terpercaya untuk anda :

  1. Opensea

NFT Opensea adalah rekomendasi marketplace pertama yang bisa anda coba. Marketplace ini bisa dibilang cukup populer karena memiliki berbagai kelebihan seperti :

  1. Aset digital yang ada di sini cukup lengkap dan bervariasi mulai dari game, musik, berbagai karya seni, dan masih banyak lainnya.
  2. Konversi dengan cryptocurrency jenis ethereum yang sangat fleksibel. Anda bisa menukarnya dengan ethereum yang memang khusus untuk NFT seperti ERC-721 atau dengan ERC-1155 yang bisa anda tukarkan dengan uang asli.
  3. Alat mining dengan fitur yang sangat keren. Keren di sini maksudnya ada fitur tersebut dapat membantu para content creator yang menjual karya mereka di sini untuk memberi nama dari karya NFT yang telah mereka buat.
  1. NBA Top Shot
Baca Selengkapnya  Panduan Lengkap NFT: Definisi, Cara Kerja, dan Cara Belinya

Jika anda adalah penggemar berat dari liga basket paling bergengsi di dunia yaitu NBA dan juga suka mengoleksi merchandisenya maka platform trading NFT satu ini adalah yang paling tepat. Di sini merupakan tempat trading NBA NFT yang sangat lengkap untuk memuaskan hasrat kolektor anda.  Anda akan menjumpai berbagai potongan klip singkat momen-momen keren dari para pemain NBA sekarang yang maupun sudah menjadi legenda.

Di samping masalah kelengkapan koleksi, marketplace 1 ini telah terdesain dengan user interface yang sangat sederhana. Dengan demikian bagi para pemula yang ingin melakukan trading di sini tidak akan kesulitan untuk mempelajarinya setahap demi setahap.

Kemudahan ini juga dapat anda jumpai dalam bertransaksi, anda cukup menautkan akun google dan verifikasi SMS. Selanjutnya anda tinggal pilih paket kartu yang anda ingin dan melakukan pembelian.