Peluang investasi NFT dan keuntungannya

Non-Fungible Token atau yang disingkat NFT adalah sejenis mata uang yang hampir sama dengan kripto. NFT juga memanfaatkan teknologi blockchain dalam penggunaannya, aset digital ini tengah populer di kalangan masyarakat. NFT menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat terkenal saat ini, terdapat beberapa keuntungan yang diperoleh dari investasi NFT. Bagi anda yang tertarik Investasi saham NFT berikut ini akan dijelaskan pengertian dan keuntungan dari investasi NFT.

Apa itu NFT?

Sebelum menjelaskan lebih lanjut tentang peluang keuntungan investasi NFT, berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai apa itu NFT?. NFT merupakan singkatan dari Non-fungible token adalah salah satu aset digital yang mirip dengan kripto. Hal ini dikarenakan dalam penggunaanya NFT memanfaatkan teknologi blockchain yang sama dengan kripto. NFT paling banyak digunakan didunia seni terutama oleh para seniman yang menjual karya mereka secara digital. Akan tetapi seiring perkembangannya, NFT bukan saja dipakai dalam menjual karya seni, melainkan digunakan juga sebagai aset dalam game, video dan lain sebagainya.

NFT juga disebut sebagai token digital yang dalam penggunaannya hanya dapat dijual atau dibeli dan tidak dapat ditukar. Hal ini yang menjadi landasan mengapa NFT banyak digunakan oleh seniman karena penggunaan NFT juga didukung oleh platform ethereum. Sepanjang tahun 2021 kapasitas penjualan NFT hampir mencapai Rp. 153 triliun, kenaikan penjualan ini meningkat pesat di tengah pandemi covid-19. Berikut ini adalah keuntungan berinvestasi dengan NFT.

Keuntungan investasi NFT

Aset digital NFT sebagai perwakilan dari aset di dunia nyata, semua data yang terkait aset digital NFT ini termuat dan tercatat di dalam blockchain. Kelebihan dan keuntungan investasi NFT ini sangat banyak diantaranya sebagai berikut;

  • NFT tidak dapat diduplikasi keberadaannya oleh pihak manapun, hal ini dikarenakan NFT menggunakan teknologi blockchain. Jika aset sudah dienkripsi di blockchain maka tidak dapat direplikasi lagi, maka dari itu aset digital dijamin aman.
  • NFT dapat digunakan sebagai alat verifikasi karya seni digital untuk proses transaksi crypto art. Semua hasil karya yang dijual oleh para seniman dengan menggunakan NFT dapat dijamin keaslianya, meskipun sudah digunakan oleh seluruh jagat dunia maya. Hal ini yang menjamin semua pendapatan dari karya seniman tersebut akan didapat sepenuhnya oleh seniman tersebut.
  • NFT dapat digunakan dalam ragam project maupun aset salah satunya dalam industri game seperti game axie infinity, CryptoKitties dan Gods Unchained. Ini akan menjadi pengalam baru dalam investasi.
  • NFT dapat dijadikan aset pribadi di dunia nyata dan dapat diubah dalam bentuk aset digital sewaktu-waktu jika diinginkan atau diperlukan oleh pemilik. Ini yang menyebabkan kepemilikan NFT hanya bisa perorangan saja.
  • Investasi NFT dapat menjadi solusi dari permasalahan copyright dan hak cipta, bagi para seniman yang memilih menggunakan NFT, dijamin semua track record karya digital tidak akan dicuri dan diunggah ulang ke seluruh platform media sosial tanpa izin dari sang pemilik karya.
  • Token Non-fungible ini merupakan instrumen investasi yang dapat digunakan oleh siapapun, syarat penggunaan cukup mudah, yakni calon investor atau pemiliknya hanya perlu mendaftarkan diri di platform NFT terlebih dahulu sebelum memulai menjual dan berinvestasi dengan NFT.
Baca Selengkapnya  Metaverse NFT: Teknologi yang Membuat Investasi Kripto Anda Meningkat

Walaupun terdapat banyak keuntungan dalam investasi NFT, tidak dapat dipungkiri kalau terdapat beberapa resiko tersembunyi dari penggunaan NFT sebagai aset digital. Hingga saat ini pengguna NFT masih aman dikarenakan keberadaan blockchain, akan tetapi terdapat beberapa pihak yang berusaha bermain curang, sehingga menimbulkan resiko sebagai berikut:

  • Secara teori setiap orang dapat saja mencetak NFT dari dokumen yang bukan milik atau kepunyaan mereka dan kemudian menjualnya kepada pembeli baru yang tidak tahu menahu soal itu.
  • Tidak dapat dipungkiri bahwa seiring berjalannya waktu, NFT hanya akan menjadi seni digital dan barang koleksi, mengingat akan munculnya tren-tren baru di kemudian hari atau dapat dikatakan suatu saat nanti bisa ada kejenuhan dalam penggunaannya.
  • Karena diciptakan bukan untuk tujuan keuangan maka NFT ini sewaktu waktu dapat pudar. Sama halnya dengan kripto, NFT pada mulanya hanya digunakan untuk proses pertukaran dalam skala kecil atau dalam kelompok-kelompok kecil.
  • Dianggap sebagai aset riil dan financial, maka dari itu akan menimbulkan resiko ganda seperti penurunan nilai aset berdasarkan mekanisme pasaran dan mempunyai potensi hilangnya uang semakin tinggi.
  • Dari segi finansial terdapat resiko seperti, penurunan nilai uang. Karena NFT diperjual belikan menggunakan uang kripto maka jika suatu saat nanti terjadi penurunan nilai kripto dapat berpengaruh besar pada keadaan harga dan nilai NFT.

Hingga saat ini NFT telah merambah ke dunia sosial, di Indonesia ada MFS yang menjadi NFT pertama yang bekerjasama dengan PERTAHARA dalam menghadirkan keuntungan NFT kepada para kelompok petani. Kerjasama ini diharapkan dapat dapat menimbulkan perubahan sistemik yang positif di kalangan petani. Beberapa tahun terakhir ini terdapat NFT yang menjadi perbincangan hangat akibat harganya yang mahal. Adapun beberapa NFT mahal seperti Bepple yang mempunyai harga jual mencapai Rp. 93 miliar, selain Bepple ada juga THETA, flow, Digibyte hingga Tezos.

Baca Selengkapnya  Cara Membuat NFT untuk Meraup Passive Income dan Semua Hal Tentangnya

Itulah penjelasan mengenai apa itu investasi NFT, peluang keuntungan investasi saham dengan NFT dan beberapa resiko yang akan mungkin terjadi dalam penggunaan aset digital ini. Untuk anda yang tertarik belajar investasi dengan NFT crypto ini, disarankan pahami betul apa itu investasi NFT keuntungan hingga resiko yang mungkin akan terjadi dikemudian hari.